Senin, Januari 15, 2018

Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Hadang Serangan Nyamuk

By : Jmg
Jombang. Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Kodim 0814 Jombang Sertu Herry Pittono Bersama Perangkat  Desa, Bidan desa, Karang Taruna dan Masyarakat Desa Grdangan  Kec. Sumobito Kab.Jombang melaksanakan kegiatan penyemprotan nyamuk demam berdarah yakni fogging hal ini guna mensukseskan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), senin pagi 15 januari 2018.
Demam berdarah masih membayangi beberapa wilayah di kabupaten Jombang apalagi seperti musim penghujan seperti sekarang. Kegiatan fogging ini dilaksanakan guna mengantisipasi warga agar tidak terjangkit  Demam Berdarah Dengue (DBD) karena fogging ini merupakan salah satu cara untuk mematikan dan memotong siklus penyebaran nyamuk aides aegepty sehingga masyarakat menganggap fogging diperlukan sebagai pencegahan penyakit khas negeri tropis yaitu demam berdarah.
Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Sertu Herry Pittono menjelaskan, bahwa nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.Hal yang penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur, ulasnya.
Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. “ Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.
Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Saat ini Dinas Kesehatan Jombang telah melakukan sosialisasi bersih-bersih lingkungan, pemberian abate kepada masyarakat hingga fogging. Peran para jumantik (juru pemantau jentik) di setiap wilayah masing – masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar