Jumat, April 20, 2018

Pasiter Kodim 0814 Jombang Sampaikan Wawasan Kebangsaan Di Lokasi TMMD

By : Jmg

Jombang. Dalam kegiatan TMMD yang ke 101 untuk membangun secara infrastruktur, Satgas TMMD juga mengadakan kegiatan penyuluhan dan sosialisai tentang empat pilar kebangsaan dan bela Negara, kepada masyarakat di Balai Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Kamis malam 19 April 2018.
Aktualisasi pembekalan wawasan kebangsaan telah menjadi pembicaraan hangat, dan selalu mendominasi di tengah derasnya gelombang modernisasi yang semakin mereduksi semangat, jiwa dan faham tentang nasionalisme bangsa., dengan merintis kerja sama lintas sektoral sesuai tingkatannya, berusaha secara maksimal untuk memberikan pencerahan tentang materi tersebut, sebagai wujud nyata dalam memantapkan wawasan nasional yang berkaitan dengan 4 pilar kebangsaan, atau 4 penyangga yang menjadi panutan dalam keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila,UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Kapten Inf Nasrulloh selaku Pasiter Kodim 0814 Jombang dihadapan para warga terutama para pemuda desa Sidokaton menguraikan tentang bagaimana cara menjaga ke 4 pilar kebangsaan, diantaranya dengan Pendekatan secara Kultural, dimana para warga diperkenalkan dengan budaya yang kita miliki, sehingga tidak terpengaruh oleh budaya asing. Kemudian dengan pendekatan Edukatif, dijelaskan olehnya bahwa saat ini marak aksi kriminal yang di lakukan oleh para pelajar, oleh sebab itu orang tua harus mencari wadah yang tepat bagi anaknya, seperti masuk kepramukaan.
Pendekatan Hukum, dimana segala tindakan yang melanggar hukum harus di tindak tegas sehingga menimbulkan efek jera bagi pelaku dan pelajaran bagi orang tua. Pendekatan yang terakhir adalah Pendekatan Struktural yang di laksanakan mulai dari tingkat masyarakat sampai ke pemerintahan, Disadari bahwa upaya pemantapan wawasan kebangsaan tersebut sebagai salah satu solusi dalam menjawab krisis moral yang terjadi di tengah sebagian masyarakat Indonesia, sebagai bentuk atau implementasi nyata dalam penguatan pendidikan kewarganegaraan, dalam memperkokoh karakter bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar