Senin, November 14, 2016

Danramil 0814/18 Jogoroto Bersama Dinas Pertanian Jombang Selalu Mengecek Bibit Padi Diwilayahnya

By : Jmg
Jombang. Salah satu solusi untuk menurunkan biaya produksi dan terbatasnya tenaga tanam padi adalah mekanisasi pertanian. Berkaitan dengan hal tersebut, dimana tenaga tanam padi saat ini mulai berkurang begitu halnya di Kab. Jombang juga semakin berkurang seiring dengan perkembangan jaman dan perubahan pola hidup masyarakat, maka penyuluh pertanian Kecamatan Jogoroto bersama Koramil 0814/18 Jogoroto menggalakan penanaman padi dengan menggunakan mesin Rice transplanter. Kamis (10/11).

Lettu Inf Aman selaku Danramil Jogoroto mengatakan, “ Rice Transplanter merupakan alat penanam bibit padi yang bisa mengatur jumlah bibit tiap lubang, kedalaman tanam dan jarak tanam. Dengan demikian akan diperoleh hasil kondisi penanaman padi yang seragam. Selain lebih cepat penanamannya, tenaga operator yang dibutuhkan cukup 2 orang saja, dengan demikian penggunaan alat ini bisa menurunkan biaya produksi padi lebih hemat.

Kinerja Rice Transplanter sebagai mesin tanam bibit padi sangat dipengaruhi oleh cara persemaian, karena memerlukan bibit khusus. Cara pembuatan persemaian padi untuk mesin tanam Rice Transplanter berbeda dengan persemaian yang biasa dilakukan petani saat ini yaitu cara konvensional, untuk itu kita bersama Dinas pertanian selalu mengecek bibit padi yang akan dipakai Rice Transplanter  “.

Danramil menambahkan, petani Indonesia memang sudah saatnya harus mengunakan mekanisasi cangih seperti negara luar yang tidak lagi mengharapkan tenaga manusia, sehingga proses penanaman padi di sawah menjadi lebih cepat dan hasilpun menjadi meningkat.'' Mesin transplanter ini didesain dengan menggunakan metode tanam jajar legowo volume 2:1. Metode tanam jajar legowo merupakan salah satu metode yang direkomendasikan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas padi, jadi sudah saatnya petani mengunakan mekanisasi ini,'' katanya.
Kegiatan pengecekan dilaksanakan di Dsn. Bendung Rejo Ds. Jogoroto dengan benih jenis ciherang dengan menepati lahan seluas 3000 m/segi dan akan di salurkan atau ditanam sewilayah Kec Jogoroto dan sekitarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar