Senin, Januari 09, 2017

Experimen Perahu Plastik Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 0814/18

By : Jmg

Jombang. Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang mempunyai tujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif, berbakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh dasar itu Koramil 0814/18 Jogoroto melaksanakan kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Kamis (5 Januari 2017).

Kopda Ach. Fauzi selaku Pembina dari Koramil 0814/18 mengatakan, Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan dengan  membuat dan uji coba / experimen perahu yg terbuat dari gabungan beberapa botol bekas air minum ini mempunyai tujuan bila terjadi bencana alam banjir di wilayah Kec Jogoroto perahu tersebut bisa di manfaatkan sebagai alat evakuasi, tandasnya.

Perahu dengan panjang 5 meter, lebar 2 meter yang terbuat dari susunan botol bekas dan disambungkan dengan bambu dalam uji coba di sungai Desa Mayangan dapat menampung 5 orang serta dapat melaju di atas air.


Kapten Inf Aman Teguh mengatakan, “ perahu botol dibuat sebagai edukasi kepada pramuka Saka Wira Kartika Koramil Jogoroto, supaya mereka mencintai lingkungannya. Dibutuhkan partisipasi pramuka dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik.  Pemanfaatan sampah plastik dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan barang bernilai tinggi serta bisa sebagai alat evakuasi dikala ada bencana banjir, tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar