Selasa, November 07, 2017

Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Halau Hama Burung Emprit

By : Jmg
Jombang. Salah satu hama tanaman padi yang kadang menyulitkan petani adalah serangan burung pada masa padi mulai menjelang panen. Jenis burung yang mengganggu adalah burung pipit, atau di beberapa daerah biasa disebut dengan burung emprit (Lonchura leucogastra).
Hama burung pipit dan gereja sering menyerang tanaman padi yang sudah cukup mulai menguning di sawah Dusun Tenggor Desa Madiopuro, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. Akibatnya, para petani harus menjaga sawahnya dari serangan hama burung tersebut.
Menyikapi hal tersebut Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Serda Rian Anggoro melaksanakan pendampingan kepada anggota Kelompok Tani (Poktan) setempat Bapak Efendi untuk menjaga hama burung yang menyerang tanaman padi yang mulai mengguning tersebut, selasa 7 nopember 2017.
Danramil  mengutarakan dalam kegiatan tersebut Babinsa membantu pembuatan alat untuk mengusir burung yang mengganggu tanaman para petani. Kata dia, metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng dan memasang plastik kresek.
Dalam kegiatan penghalauan hama burung Serda Rian mengungkapkan, pendampingan pemasangan alat pada tanaman padi yang bertujuan untuk mengurangi serangan hama burung yang sering mengganggu tanaman padi yang mengakibatkan hasil dari tanaman akan berkurang karena padi terserang oleh hama burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar