Selasa, November 21, 2017

Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Nampek Bibit Padi

By : Jmg
Jombang. Tujuan Persemaian merupakan kegiatan di mana benih di tanam di suatu media  yang bertujuan agar benih bisa tumbuh maksimal, biasanya benih yang  melalui persemaian bisa terlindung dari hama penyakit yang mengganggu bayi tanaman, seperti yang dilakukan Babinsa Koraml 0814/11 Sumobito, Serda Petrus mendampingi kelompok tani desa binaan menyemai bibit padi di areal persawahan Dusun Babut Desa Plemahan Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, selasa 21 nopember 2017.
Serda Petrus mengatakan, “ Kalau orang jawa namanya nampek/semai bibit, Sebelum bibit padi tersebut ditanam di sawah, bibit padi terlebih dahulu disemai di lahan penyemaian, lahan tempat penyemaian bibit padi terlebih dahulu harus diolah semaksimal mungkin tidak boleh terlalu kering dan juga tidak boleh terlalu banyak air, agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal. Sebelum benih disebar tanahnya diberi pupuk kandang atau pupuk organik agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus dan sewaktu pencabutan bibit akan lebih mudah sehingga tidak banyak yang putus,” ujarnya.

Sementara itu, Kelompok tani menyampaikan terima kasih kepada atas kerja samanya dengan dinas instansi terkait sehingga terlaksananya kegiatan swasembada pangan ini terutama dalam penanaman bibit. Dia berharap, nantinya para babinsa bisa memberikan arahan dan bimbingan kepada para petani guna membantu program tercapainya kedaulatan pangan dan swasemabada pangan demi kesejahteran rakyat di Kecamatan Sumobito.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar