Jumat, April 07, 2017

Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Galakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

By : Jmg
Jombang. Tidak hanya memberikan himbauan, Pemerintah Desa Kedungjati Kecamatan Kabuh Kab. Jombang terus berupaya melakukan penanggulangan DBD di desa Kedungjati dengan berbagai cara. Karyan selaku Kepala Desa bersama Babinsa Koramil 014/07 Kabuh serta petugas Puskesmas Kabuh langsung turun ke lapangan untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), juma’at 7 April 2017.
Penanggulangan DBD dibutuhkan action atau tindakan nyata dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk khususnya nyamuk Aides Aigepty bukan hanya sekedar himbauan. Menurut Kepala desa Kedungjati Karyan mengatakan, perlu ada upaya nyata memberantas nyamuk aedes aegepty di Kedungjati. kegiatan rutin dilaksanakan setiap hari Jumat secara bergiliran baik di dusun-dusun maupun di sekolah sekolah. “Kita berharap korban DBD di Desa Kedungjati tidak ada,” harapnya.
Seperti yang terlihat di beberapa rumah warga dengan membawa senter Kepala desa bersama Babinsa serta petugas puskesmas langsung memeriksa dan memantau kamar mandi warga dengan didampingi juru pemantau jentik (Jumantik) dari dusun tersebut. Dengan teliti kepala desa melihat satu persatu bak mandi warganya. “ Alhamdulillah tidak ada jentik nyamuk yang ditemukan, berarti kamar mandi nya memang rutin dibersihkan, jadi harus seperti ini ”, tuturnya.
Dihadapan warga dusun, Serda Tatat selaku Babinsa berpesan agar semua lapisan warga desa selalu menjaga kebersihan di lingkungannya, serta tidak lupa menggalakkan 3 M Plus yakni, menguras, menutup dan mengubur dan memakai lotion anti nyamuk ketika berangkat ke sawah, sekolah atau beraktivitas diluar rumah. “ Bapak dan ibu-ibu harus rajin dalam hal membersihkan lingkungan, agar nyamuk nyamuk ini tidak berkembang biak ”, pintanya.
Pemerintah Desa Kedungjati telah melakukan upaya maksimal dengan melakukan pencegahan dan penanggulangan dalam kegiatan Jumat bersih, kerja bakti, dan sosialisasi gerakkan 3 M. Bahkan Kepala Desa dan Babinsa selalu mengajak untuk memberikan lotion anti nyamuk pada anak-anak saat disekolah atau dirumah dan meminta Puskesmas Kabuh melayani secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar