Rabu, Juli 05, 2017

Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Bantu Bidan Desa Imunisasi Campak

By : Jmg
Jombang. Babinsa Karangpakis Sertu Rahman Koramil 0814/07 Kodim 0814 Jombang bersama dengan perangkat desa membaur bersama masyarakat membantu Bidan Desa melaksanaan imunisasi Campak di Balai Desa Karangpakis, rabu 5 jUli 2017.
Lusi, AMdKes selaku Bidan desa Karangpakis mengatakan, Campak merupakan salah satu jenis penyakit menular penyebab berbagai komplikasi.  Penyakit ini banyak terjadi di kalangan balita dan anak pra-sekolah ini berpotensi menyebabkan wabah dan kejadian luar biasa (KLB) serta menyebabkan kematian.
Penyakit campak merupakan infeksi virus Paramyxovirus yang sangat menular. Gejalanya ditandai dengan demam, batuk, peradangan selaput ikat mata (konjungtiva) dan ruam kulit. Tanpa imunisasi, wabah campak akan terjadi dalam kurun waktu dua-tiga tahun terutama pada anak usia prasekolah.
Banyak orang tua yang seringkali melewatkan periode imunisasi pada anaknya.  Faktor kelalaian inilah yang akhirnya membuat banyak anak Indonesia  rentan terhadap berbagai jenis penyakit, seperti campak. Alasan orang tua tidak mengimunisasi anaknya antara lain karena khawatir efek samping (kejadian ikutan pasca imunisasi/KIPI), isu obat imunisasi tidak halal dan karena tidak paham dampak bila anak tidak diimunisasi.
Namun, bila kesadaran akan pentingnya imunisasi campak turun, maka tingkat penyebaran wabah campak akan semakin tinggi. Ini berarti jumlah anak yang berpotensi menyebarkan wabah campak kepada teman-temannya pun semakin tinggi. Jadi, selagi bisa sebaiknya penyakit campak harus kita cegah dengan melakukan imunisasi campak saat usia bayi 9 bulan dan imunisasi ulangan di usia 6 tahun, ujar Bu Bidan Desa ini.
Bapak Waridi selaku Kepala Desa Karangpakis mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya imunisasi campak di desanya. Waridi berharap nantinya tidak ada warganya yang terjangkit campak.” Inilah mengapa pentingnya imunisasi campak pada anakyaitu agar pencegahan dapat dilakukan,  dan jika terkena campak efek dari penyakit tersebut tidak terlalu parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar