Senin, Agustus 07, 2017

Babinsa Koramil 0814/04 Gudo Tanam Padi Di Musim Kemarau Manfaatkan Irigasi Sungai Konto

By : Jmg
Jombang. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 0814/04 Gudo jajaran Kodim 0814 Jombang Koptu Witono membantu petani menanam padi dengan melakukan pembajakan sawah dan tanam padi di kelompok tani Desa Tanggungan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Jawa Timur, senin 7 agustus 2017.
Babinsa Koptu Winoto saat mendampingi petani mengatakan pihaknya membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk disiapkan penanaman padi, sehingga sawah dibajak dan dilakukan penyiapan bibit padi. " Saat ini rata-rata kelompok tani mulai membajak sawah karena lahan mereka didukung pengairan yang lancar, meskipun kemarau sekitar 1 hektare sawah mereka siap ditanami padi," kata Koptu Witono.
" Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2017 di Jombang, disamping itu kecamatan Gudo juga terlewati sungai Konto yang bersumber di daerah Malang, Kali Konto merupakan bagian dari sistem DAS Brantas, dan selain menjadi sumber irigasi bagi pertanian " katanya menambahkan.

Untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar