Sabtu, Agustus 05, 2017

Koramil 0814/16 Bareng Semprot Hama Bersama Dinas Pertanian

By : Jmg
Jombang. Guna memperkecil dan tidak meluasnya hama wereng dan menyelamatkan tanaman padi milik petani, Koramil 0814/16 Bareng,PPL Kec.Wonosalam, Dinas Pertanian Jombang menggelar penyemprotan massal, sabtu 5 agustus 2017 di dusun Kupang, Desa Tebel, Kecamatan Bareng Kab.Jombang.
Dalam kesempatan itu Danramil 0814/16 Bareng Kapten Inf Haryono bersama penyuluh pertanian dan Pok tani melaksanakan penyemprotan bersama masyarakat. Luas lahan padi yang disemprot sekitar 6 hektare, untuk obat tanaman dibantu oleh Dinas Pertanian Kab.Jombang.
Penyuluh pertanian juga menjelaskan kepada petani cara melakukan penyemprotan hama. Membasmi penyakit dan obat yang digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama yang menyerang tanaman padi.
Dinas pertanian Kab. Jombang menyampaikan, proses penyemprotan pengendalian hama tersebut sebagai antisipasi dan pengawasan terhadap serangan hama. Proses penyemprotan pada tanaman padi juga harus terjadwal dilakukan petani. Dinas Pertanian menganjurkan agar penyemprotan dilakukan pada pagi hari dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Menurutnya, pihak TNI dan PPL siap membantu petani dan akan turun ke lapangan jika ada keluhan-keluhan masyarakat soal pembasmian hama. “Apabila ada keluhan petani bisa juga langsung menghubungi kami dan juga badan penyuluhan kecamatan (BPK) untuk membasmi hama tanaman padi. Setiap hari kita selalu ada dan akan turun ke lapangan jika diperlukan,” terang Muhdi.
Sementara Danramil 0814/16 Bareng Kapten Inf Haryono yang juga ikut dalam penyemprotan tanaman padi mengaku, TNI siap membantu petani dalam mengatasi dan membasmi serangan hama. “Untuk mewujudkan program peningkatan produksi pangan di Demak, TNI siap mendampingi petani. Seperti serangan hama, Babinsa cepat lapor dan melakukan koordinasi dengan UPT dan juga penyuluh pertanian. Harapan kami dengan saling kerja sama yang baik semua dapat tercapai sesuai dengan rencana,” kata Kapten Haryono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar