Kamis, Maret 16, 2017

Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh Kawal Pelantikan Anggota Pramuka Golongan Penegak Bantara

By : Jmg
Jombang.   Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya, menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya, menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Untuk itu gugus depan pangkalan SMAN Kabuh melaksanakan kegiatan Pelantikan anggota Pramuka golongan Penegak Bantara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Tanjung Wadung Kec. Kabuh, Kab. Jombang, yang diikuti oleh sekitar 200 personil, meliputi anggota calon bantara, pengurus dewan ambalan dan unsur pembina, pada Rabu 15 Maret 2017..
Kegiatan tersebut tidak lepas dari kawalan Babinsa desa Tanjung Wadung Serda Suhadi anggota Koramil 0814/07 Kabuh Kodim 0814 Jombang sebelum dilantik dan dikukuhkan, para peserta telah mengikuti Uji Syarat Kecakapan Umum tingkat Bantara untuk semua point dan di suguhkan beberapa materi tentang kepramukaan.
Serda Suhadi Selaku Babinsa Marmoyo mengatakan, “ Ada salah persepsi yang harus diluruskan yang berkembang di masyarakat dewasa ini, bahwa Pramuka identik dengan semi militeristik dan tindak kekerasan atau perploncoan serta membuang-buang waktu percuma, hal yang perlu dicatat adalah bahwa kegiatan kepramukaan itu adalah suatu kegiatan menarik (semacam permainan) namun mengandung banyak unsur pendidikan di dalamnya misalkan, baris-berbaris, membaca peta, menentukan koordinat dalam peta, menaksir, membaca kompas, survival, bakti sosial, pionering, moutainering, kepemimpinan, pengamalan peribadatan dan banyak kegiatan-kegiatan menarik lainnya “, ujarnya menegaskan.
“ Tujuan diadakannya kegiatan pelantikan Bantara adalah mengembangkan persaudaraan, persatuan di kalangan Pramuka penegak dan Pandega serta memberi kepada mereka kegiatan yang bersifat kreatif, reaktif, Inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan jaman” ujar Kak Suwekyo selaku pembina pramuka “ Mutiara Ambalan Alaska “, SMAN Kabuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar