Kamis, Maret 23, 2017

Koramil 0814/02 Diwek Panen Ikan Di Lahan Kosong

By : Jmg
Jombang. Setelah berhasil mengembangkan tanaman sayur-mayur di sekitar Markas Komando Baik Koramil Maupun Kodim, personel Kodim 0814/Jombang kini mengembangkan ikan air tawar, ikan tersebut dipelihara pada kolam  buatan yang memanfaatkan lahan kosong di sekitar Koramil yang hasilnya cukup menggembirakan.
Sejumlah personel TNI ini tengah memanen ikan yang dipelihara di kolam tidak jauh dari kantor Koramil 0814/02 Diwek sebab ikan yang  dilepas empat bulan lalu kini sudah waktunya untuk dipanen, panen ikan ini merupakan panen perdana setelah lahan ini kosong tak menghasilkan apa-apa. Kamis (23/3).
Ikan yang dipelihara pada kolam ini jenis ikan nila dan ikan patin dari kolam seluas 25 kali 50 meter ini  ikan yang dihasilkan cukup banyak diperkirakan total hasil pernen lebih dari satu ton, anggota TNI yang lain menyambut panen ikan ini dengan penuh rasa bangga.
Ikan yang dihasilkan sebagian dijual uang yang didapatkan untuk membeli benih ikan lagi serta biaya produks sebagian lagi dibagi kepada masyarakat sekitar koramil dan sebagian lainya untuk makan bersama lintas institusi seperti polsek dan kantor kecamatan yang diharapkan nantinya bersama-sama bisa disalurkan kepada masyarakat.
Pemeliharaan ikan ini didorong semangat pemanfaatan lahan kosong agar produkstif selain itu juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar bisa menggunakan lahan di sekitar rumah untuk tambahan pendapatan.

Untuk mendapatkan hasil penen yang sesuai harapan anggota TNI setiap hari dengan sabar merawat kolam dan memberi pakan ikan sesuai kebutuhan sebab kolam ikan selain untuk penghasilan juga bisa untuk hiburan karena bisa menjadi arena memancing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar