Rabu, Maret 01, 2017

Jembatan Putus...!!! Babinsa Koramil 0814 Mojoagung Bersama Warga Buat Jembatan Alternatif

By : Jmg
Jombang. Sebuah Jembatan yang menghubungkan Desan Binorong dengan Desa Kedung Lumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, putus akibat gerusan air sungai pada pondasi penyangganya karena derasnya tingginya debit air hujan yang deras melintasi sungai tersebut, sehingga menyebabkan beton penghubung jembatan ambrol pada, Selasa 28 Februari 2017.
Akibat kejadian itu, warga terpaksa menggunakan jalur alternatif agar tidak terisolir dengan memutar pada bagian Desa lainnya dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Dengan kejadian tersebut sejumlah warga bersama Babinsa Koramil 0814/10 Mojoagung Kodim 0814 Jombang bergotong-royong melakukan perbaikan dengan membuat jembatan darurat alternative dilokasi tersebut  dari bambu, yang bersifat sementara sehingga masyarakat bisa melintas, Rabu (1 Maret 2017)
Serda Mardiono selaku Babinsa Desa Kedung Lumpang mengatakan, kami bersama warga masyarakat berupaya membuat jembatan alternatif yang terbuat dari bambu yang untuk sementara diharapkan mampu mengakomodir kepentingan warga desa setempat sebagai sarana pembantu transportasi sehingga tidak perlu memutar lagi. “ Namun jembatan ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, untuk roda empat harus memutar lebih jauh,” terangnya.
Informasi yang didapat, putusnya jembatan sepanjang 2,5 meter tersebut karena beton penyangga/pondasi jembatan tergerus arus sungai yang intensitasnya tinggi sehingga membuat beton penyambung jembatan juga ikut terputus, karena  hujan lebat dalam waktu yang cukup lama sejak selasa malam, yang membuat debit air mengalami peningkatan dan arus air sungai menjadi sangat deras, dan jembatan berbahan beton tersebut tidak kuat menahan derasnya arus dan akhirnya ambrol.
Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, dan sebagai tindak lanjut nya maka semua warga bersinergi bahu membahu bergotong royong untuk membuat jalan alternative sementara  yang di motori oleh Babinsa setempat Serda Mardiono bersama rekan dari koramil Mojoagung, sambil menunggu pembangunan jembatan secara permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar