Senin, Mei 22, 2017

Babinsa Koramil 0814/18 Jogoroto Lestarikan Tradisi Turun Temurun

By : Jmg
Jombang. Menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, warga di desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang mempunyai tradisi unik. Salah satunya yakni melakukan pembersihan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim.
Tampak terlihat pada hari senin 22 Mei 2017, puluhan warga bersama Babinsa Koramil 0814/18 Jogoroto memegang alat-alat kebun tengah berkumpul di TPU yang berada di kawasan tersebut. Dengan menggunakan cangkul, parang, serta pompa pembasmi tanaman mereka tengah asyik membersihkan tanaman yang sudah menjalar di makam.
Serka Warsono mengatakan, tradisi pembersihan makam menyambut bulan puasa ini merupakan kegiatan turun termurun dari nenek moyang mereka. “ Kegiatan ini sudah turun temurun dilakukan, aktivitas ini juga merupakan bentuk kepedulian para pemuda dalam menata lingkungannya ” ucapnya.
Bergotong royong juga berkaitan untuk menumbuhkan dan mempererat tali silaturahmi antar warga. Mereka pun berharap agar tradisi ini terus sampai ke anak cucunya. “ Kegiatan kayak gini juga supaya mempererat tali silaturahim antar sesama warga. Karenanya, kami akan terus menjaga tradisi ini sampai ke anak cucu kami,” pungkasnya Budi selaku warga setempat menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar