Rabu, Mei 03, 2017

Koramil 0814/09 Kudu Cabuti Penyakit Padi

By : Jmg
Jombang. Gulma merupakan rumput liar yang sering tumbuh disekitar tanaman yang dibudidayakan. Tumbuhnya gulma pada area pertanian ini tentunya sangat mengganggu produktivitas pertanian , sehingga apabila tidak segera ditanggulangi akan berdapak pada rendahnya kualitas hasil pertanian yang telah budidayakan. Apapun cara yang gunakan dalam mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah ini, yang paling terpenting adalah ketelatenan dan kesabaran kita melakukannya, terutama jika kita menggunakan cara tradisional dalam mengendalikan gulma padi sawah ini.
Dalam pencapaian upaya khusus swasembada pangan diwilayah binaan Babinsa Koramil 0814/09 Kudu sertu Zainul Arifin melaksanakan pendampingan perawatan tanaman padi anggota Kelompok Tani 2 dalam pembersihan rumput-rumput liar yang mulai tumbuh di sekitaran tanaman padi dan pingiran pematang yang saat ini mulai dalam pertumbuhan untuk itu rumput-rumput liar harus dihilangkan secara tradisional dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma dilakukan saat umur tanaman padi mencapai 30 hari agar tanaman padi tumbuh normal, selasa 2 Mei 2017..
Sertu Zainul Arifin mengatakan, “ Mengendalikan gulma atau rumput liar disekitar tanaman padi dengan cara manual atau dengan menggunakan tangan cara ini terbilang cukup melelahkan dan lama bila dibanding cara lain, namun meskipun demikian faktanya masih banyak para petani yang mengendalikan gulma dengan cara manual ini karena lebih murah, dan ramah lingkungan, bisa dikerjakan sendiri kapan saja “.
Petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan gulma, dengan adanya kita turun kesawah dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan petani, ujarnya menjelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar