Senin, Agustus 08, 2016

Babinsa 0814/09 Kudu Ikut Slamatan Sebum Bongkar Rumah

8 Agustus 2016 By : Jmg


Jombang. Bagi orang jawa segala sesuatu yang berhubungan dengan kebaikan pasti dicarikan hari baiknya . Termasuk juga mendirikan rumah atau membuat rumah . Selain menentukan hari mengadakan selamatan sebagai tolak bala untuk memulai pekerjaan juga menentukan, seperti yang dilakukan Mbah Tjokro 92 tahun seorang veteran dalam pembongkaran rumahnya pada hari Jum’at 5 Agustus 2016 alamat desa Banjarejo rt/rw 02/03 kec kudu Kab. Jombang.

Kapten Inf Sucipto selaku Danramil 0814/09 Kudu Kodim 0814 Jombang mengatakan, “ Bagi orang Jawa Mbah Tjokro termasuk yang masih menjunjung tinggi unsur kejawaan, sesuatu hal tidak diputuskan begitu saja, tetap dicari rujukan atau tradisi yang ada, seperti orang yang akan melakukan pembongkaran rumah, pindahan rumah , menempati rumah baru atau membuka usaha kebanyakan mencari Sri-nya atau hari baiknya dan dilaksanakan slamatan ”, ungkap Danramil.


Diungkapkan juga oleh Danramil Kudu, bahwa Mbah Tjokro merupakan salah satu penerima bantuan bedah rumah Program dalam rangka menghormati para pejuang 45 di hut RI ke 71. Turut serta dalam selamatan sebelum dilaksanakan pembongkaran rumah Serma Husnul Hidayat Babinsa Banjarejo, warga desa Banjarejo, pembongkaran berlangsung dengan gotong-royong dan kekeluargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar