Jumat, Agustus 19, 2016

Babinsa Tembelang Kemudikan Tractor Bantu Petani Bajak Sawah

By : Jmg


Jombang( 18/08 ).    Babinsa Koramil 0814/03 Tembelang jajaran Kodim 0814 Jombang, Jawa Timur yang dikoordinir Serda Sukiman, membantu petani membajak sawah dan menanam bibit jagung milik bapak Fatah, petani Ds. Pesantren Kec. Tembelang dengan menggunakan traktor modern, seluas 0.65 hektare.

Danramil 014/03 Tembelang Kapten Inf Mustaji mengungkapkan, pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, “ Dengan menggunakan traktor akan mengubah sifat fisik tanah, yang semula keras menjadi datar dan gembur,” terangnya, Kamis 18 Agustus 2016.

Ia menjelaskan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan  lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air. Dengan alat modern tersebut, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan jagung terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional khususnya Pajale.

“ Jagung merupakan tanaman yang tidak terlalu menggunakan air lebih cocok pada musim kemarau seperti sekarang. Ketersediaan pangan khususnya jagung bagi masyarakat harus selalu terjamin,” ujarnya.Dengan terpenuhinya kebutuhan jagung maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang apalagi dengan harga jagung yang tingi nantinya dan mampu berperan dalam pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar